Rintangan

Selasa, 2 April 2013 15:07:11 - by : Iwan Muhaimin
print send pdf


3 Kekuatan Penghambat

Penting sekali kita perhatikan ada tiga kekuatan besar yang membuat kita terpaku pada kebiasaan-kebiasaan lama, yaitu:

1. Hasrat dan nafsu.
Kita semua kadang-kadang mengalah pada hasrat - keinginan dan kebutuhan badaniah (misal, makan, minum, tidur). Banyak orang menjadi budak dan pecandu makanan dan minuman. Perut mengontrol pikiran dan badan. Dan ini penuh dengan resiko. Di saat kita menjadi berlebih-lebihan, kita menjadi kurang peka terhadap kebutuhan orang lain. Kita mudah menjadi marah pada diri sendiri dan menimpakan kemarahan itu pada orang lain, kadang-kadang hanya disebabkan oleh hal-hal sepele. Maka dari itu, apabila kita dikendalikan oleh hasrat dan nafsu, kita pasti mempunyai masalah dalam berhubungan dengan orang lain.

2. Kesombongan dan kepura-puraan.
Kalau kita tidak mampu menerima diri kita sendiri, kita menggunakan cermin sosial untuk memperoleh identitas dan jati diri kita. Dengan demikian, konsep diri berasal dari apa yang dipikirkan oleh orang lain tentang kita. Maka, kita pun menngatur hidup kita menurut harapan orang lain. Semakin kita hidup menurut harapan orang lain, semakin kita tidak bisa menerima diri kita sendiri dan berpura-pura. Padahal harapan selalu beurbah-ubah. Dan sewaktu kita terus bersandiwara menuruti kecongkakan dan kesombongan, kita menipu diri sendiri, dan karena merasa terancam, kita terus berjuang mempertahankan citra palsu itu.

3. Keinginan dan ambisi
Apabila kita dibutakan oleh ambisi, kita minta dipahami terlebih dahulu dan berusaha mendapatkan kemuliaan, jabatan, kekuasaan, dan kenaikan pangkat, bukannya memandang waktu, bakat dan harta milik sebagai karunia yang harus kita pertanggung jawabkan. Orang-orang yang berambisi itu sangat possesif. Mereka menaksir segala sesuatu berdasarkan pada manfaat bagi dirinya. Setiap orang menjadi pesaing. Hubungan mereka - bahkan yang intim dan dekat - cenderung bersifat persaingan. Mereka memakai berbagai cara manipulatif untuk mencapai tujuan mereka.

 


sebuah intisari..... hanya ingin berbagi

Tags : ilmu

More :

0 Respon to "Rintangan"

Comment visitor

Name* :
Email* :
Website :
Comment* :
Caphca* :
   
   

Kontak •  Berita •  Lowongan •  Gallery •  Al-Quran Online •  Peta Situs •  RSS