0293 326945 fai@ummgl.ac.id

Pada 17-18 Nopember 2018 yang lalu telah terlaksana Kegiatan Porseni IV Forum Komunikasi Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Swasta (FKPTKIS) Jawa Tengah di Universitas Muhammadiyah Magelang. Diikuti oleh total 744 peserta dari 37 Perguruan Tinggi Islam Swasta di Wilayah Jawa Tengah, Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Magelang sukses menjadi tuan rumah PORSENI ke IV FKPTKIS ini.

Porseni merupakan agenda 2 tahunan yang diselenggarakan oleh Forum Komunikasi Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Swasta Jawa Tengah sebagai ajang silaturrahim PTKIS-PTKIS di lingkungan Koordinator Kopertais Wialayah X Jawa Tengah, UM Magelang merupakan tuan rumah sekaligus panitia penyelenggara ke IV pada kegiatan tersebut. Pada sebelumnya, yang sudah bertindak sebagai tuan rumah yaitu UNSIQ Wonosobo, UM Purwokerto, dan Uiversitas Wahid Hasyim Semarang.

Pada porseni kali ini, peserta memperebutkan 9 kejuaraan yaitu Bulu Tangkis Tunggal Putra, Bulu Tangkis Tunggal Putri, Bulu Tangkis Ganda Putra, Bulu Tangkis Ganda Putri, MQK Putra, MQK Putri, MTQ Putra, MTQ Putri dan Futsal. Terbagi pada 4 tempat yakni MTQ di Aula FIKES UMMagelang Kampus 2, MQK di Aula Rektorat UMMagelang, Bulu Tangkis di Gor Magelang, dan Futsal di Bagong Futsal Muntilan.

Acara dibuka melalui ceremony yang cukup meriah di Lapangan Gedung FIKES UMMagelang. Para kontingen berjalan memperkenalkan PTKIS masing-masing di depan Para Pimpinan PTKIS Anggota dan pimpinan Kopertais X. Selain pemukulan gong sebagai tanda dibukanya acara Porseni oleh Koordinator Kopertais X, juga dilakukan pembacaan sambutan Gubernur Jawa Tengah yang gagal hadir dalam acara tersebut.

Selain kegiatan lomba, juga diselenggarakan Pertemuan BEM di Lingkungan FKPTKIS Jawa Tengah pada Sabtu, 17 Nopember 2018 di FH UMMagelang. Selain itu, peserta juga disuguhkan acara musik untuk mengobati para peserta yang bertanding di Plataran FAI UMMagelang. Nampak para peserta sangat antusias menikmati acara tersebut.

Penyerahan piala bergilir Porseni FKPTKIS kepada UMS

Keluar sebagai juara umum pada Porseni IV adalah UM Surakarta, piala bergilir pun diserahkan oleh Dr. H.A. Mufrod Teguh Mulyo, MH selaku Ketua Forum PTKIS Jawa Tengah kepada UM Surakrta. Ketua Forum tersebut menyampaikan banyak terimakasih kepada UMMagelang yang sudah mempersiapkan Porseni IV dengan baik.