PGMI (Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah)

Visi

Menjadi program studi yang unggul dan Islami tingkat nasional pada tahun 2024 pengembangan illmu-ilmu keislaman bidang pendidikan profesi guru Madrasah Ibtidaiyah (MI/SD).

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan bagi calon pendidik (Guru Kelas MI/SD) yang yang memiliki komitmen terhadap pencapaian keunggulan kompetensi.
  2. Melaksanakan penelitian terapan di bidang pendidikan yang terstruktur untuk mengembangkan civitas akademika yang inovatif, terampil dan berdaya saing.
  3. Melaksanakan pelayanan, pemberdayaan dan pengabdian kepada masyarakat untuk mengembangkan civitas akademika yang kritis, responsif dan kooperatif.
  4. Mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi pendidikan madrasah dengan menerapkan nilai-nilai Islam.

Tujuan

  1. Menghasilkan lulusan calon pendidik (Guru Kelas MI/SD) yang profesional sesuai Standar Nasional Pendidikan Tinggi.
  2. Menghasilkan IPTEK melalui penelitian terapan di bidang pendidikan yang terstruktur untuk mengembangkan civitas akademika yang inovatif, terampil dan berdaya saing.
  3. Terwujudnya pelayanan, pemberdayaan dan pengabdian kepada masyarakat untuk mengembangkan civitas akademika yang kritis, responsif dan kooperatif.
  4. Internalisasi nilai-nilai Islam dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi pendidikan madrasah. 

     

    Sasaran Mutu Program Studi PGMI :

    1. Rasio jumlah mahasiswa yang ikut seleksi terhadap daya tampung minimal 4 : 1
    2. Populasi mahasiswa berasal dari minimal 10 provinsi
    3. Rata-rata beban kerja dosen 12 – 16 sks / semester
    4. Rasio jumlah dosen tetap terhadap mahasiswa aktif £ 1 : 30
    5. Seluruh mata kuliah dilengkapi dengan deskripsi mata kuliah, RPS / atau istilah lain, dimonitor dan dievaluasi secara periodik sesuai siklus SPMI
    6. Indeks partisipasi dosen dalam penelitian per tahun ³ 1
    7. Indeks partisipasi dosen dalam PkM per tahun ³ 1
    8. Dosen dan tenaga kependidikan aktif dalam kepengurusan dan kegiatan persyarikatan
    9. Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) lulusan ³ 3
    10. Persentase kelulusan tepat waktu ³ 50%
    11. Masa tunggu lulusan untuk memperoleh pekerjaan pertama yang sesuai dengan bidang keahlian £ 6 bulan
    12. Nilai BTQ, praktek ibadah, dan AIK mahasiswa minimal B
    13. Lulusan memiliki score tes kompetensi Bahasa Inggris ³ 400 minimal 50%
    14. Lulusan hapal juz 30 ³ 60%
    15. Nilai setiap mata kuliah praktikum ³ B
    16. Mahasiswa aktif mengikuti kegiatan organisasi kemahasiswaan
    17. Mahasiswa mengikuti kegiatan seminar sesuai dengan kompetensi keilmuan ³ 1 kegiatan per tahun.

     

    Profil Lulusan dan Deskripsinya

    No Profil Lulusan Deskripsi Profil Terjemahan
    1. Guru Kelas MI/SD, Pendidik/ Praktisi Pendidikan Sarjana pendidikan yang memiliki kemampuan kerja, penguasaan pengetahuan, kemampuan manajerial dan tanggung jawab sebagai pendidik guru kelas yang mencakup bidang mata pelajaran Bahasa Indonesia, PPKn, IPA, IPS dan Matematika pada sekolah/madrasah (SD/MI) yang berkepribadian baik, berpengetahuan luas dan mutakhir dibidangnya serta mampu melaksanakan tugas dan bertanggung jawab berlandaskan ajaran dan etika keislaman, keilmuan dan keahlian Bachelor of education who has the ability to work, mastery of knowledge, managerial skills and responsibilities as a classroom teacher educator covering the fields of Indonesian Language, PPKn, Science, Social Sciences and Mathematics in MI/SD with good personality, knowledgeable and up to date in their fields and able to carry out their duties and be responsible based on Islamic teachings and ethics, knowledge and expertise
    2. Konsultan MI/SD Sarjana yang mampu menguasai secara mendalam pengetahuan tentang standar mutu pendidikan madrasah ibtidaiyah sesuai perkembangan regulasi dan mampu mengembangkan mutu MI/SD bidang school empowerment,  serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah procedurals Graduate master in-depth knowledge of the madrasah ibtidaiyah education quality standards according to the development regulation and are able to develop quality MI/SD field school empowerment, as well as being able to formulate problem-solving procedurals.
    3. Menejer Lembaga Pendidikan 1) Sarjana yang mampu mengambil keputusan yang tepat berdasarkan analisis data-data pendidikan yang valid guna merencanakan, mengorganisasikan, melaksanakan, mengendalikan, dan mengevaluasi  pada lembaga pendidikan  dengan menerapkan berbagai pendekatan, metode, penguasaan media, dan teknik evaluasi pendidikan yang sesuai.

    2) Sarjana yang mempunyai keterampilan memecahkan masalah; Kemampuan untuk mengidentifikasi, memformulasi, menemukan alternatif solusi, dan menyelesaikan permasalahan dalam kesulitan pembelajaran di tingkat kolektif maupun individual dengan mempertimbangkan kondisi psikis dan fisik peserta didik, kondisi lingkungan, media, dan metode pembelajaran.

    1)  Scholar who is able to take the right decisions based on the analysis of the data of a valid education to plan, organize, execute, control, and evaluate the institution by applying a variety of approaches, methods, techniques and mastery of the media, the educational evaluation is appropriate.

    2)  Scholars who have the skills to solve problems; The ability to identify, formulate, find alternative solutions, and resolve problems in learning difficulties at the level of collective or individual considering the physical and psychic condition learners, environment, media, and learning methods.

    4. Pengembang Bahan Ajar (Edupreneur) Sarjana pendidikan yang memiliki kemampuan kerja, penguasaan pengetahuan, kemampuan manajerial dan tanggung jawab sebagai pengembang bahan ajar dalam bidang guru kelas yang mencakup bidang mata pelajaran Bahasa Indonesia, PPKn, IPA, IPS dan Matematika pada sekolah/madrasah 208 (SD/MI) yang berkepribadian baik, berpengetahuan luas dan mutakhir dibidangnya serta mampu melaksanakan tugas dan bertanggung jawab berlandaskan ajaran dan etika keislaman, keilmuan dan keahlian Bachelor of education who has the ability to work, mastery of knowledge, managerial skills and responsibilities as a developer of teaching materials in the field of classroom teachers covering the fields of Indonesian Language, PPKn, Science, Social Sciences and Mathematics in MI/SD with good personality , knowledgeable and up-to-date in their fields and able to carry out tasks and be responsible based on Islamic teachings and ethics, knowledge and expertise